IT'S ME

Foto saya
Kupang, Nusa Tenggara Timur, Indonesia
Kisah Para Rasul 4:12

Senin, 22 Juli 2013

KESATUAN ADALAH KEKUATAN (Filipi 2:1-11)

(ringkasan khotbah di ibadat BP-Pemuda GMIT JKK)

Basodara BP-P GMIT JKK yang dikasihi dan diberkati oleh Tuhan kita Yesus Kristus... Mungkin sudah lama dan sering kita mendengar tentang filosofi sapu lidi, satu gampang patah; banyak jadi kuat. Satu batang lidi saja pasti gampang patah/sonde kuat, tapi kalau satu lidi itu diikat menjadi satu dengan lidi-lidi yang lain, maka lidi-lidi yang diikat jadi satu itu pasti kuat.

Basodara... Pasti cape jika kita harus menyapu halaman dengan satu batang lidi saja, tentu sulit serta membuang waktu dan tenaga, tapi jika banyak lidi diikat menjadi satu kesatuan, sapu lidi, maka sampah sebanyak apapun akan dapat dibersihkan dengan mudah dalam waktu yang singkat.

Selain filosofi sapu lidi, ada juga Film Fast & Furious 6 yang mengisahkan seorang agen khusus bernama Hobbs meminta bantuan kepada Dominic Toretto untuk mencari dan menangkap sekelompok penjahat yang dipimpin oleh Shawn. Toretto menyetujui untuk membantu, tapi dia mau kerja sendiri karena menurutnya ini masalah pribadi. Menurut Agen Hobbs, Toretto tidak akan berhasil kalau dia bekerja sendiri, "I need your help Dom.. I need your team" kata Hobbs. Cerita berlanjut dan akhirnya, Dominic Toretto dan timnya berhasil.

Basodara... Kenapa beta dahului renungan ini dengan filosofi sapu lidi dan cerita film Fast & Furious 6? Karena beta ingin agar basodara mengerti kalau kita bersatu pasti kita kuat! Kalau kita bersatu, pasti kita mampu untuk menyelesaikan banyak masalah!

Dalam kehidupan, khususnya dalam pelayanan pemuda pasti ada banyak masalah, kesulitan, dan tantangan yang kita hadapi, tapi jika kita bersatu pasti kita bisa menghadapi setiap masalah, kesulitan, dan tantangan tersebut. Tapi persoalannya, untuk bersatu (apalagi dalam sebuah pelayanan pemuda) sonde gampang, karena masing-masing orang dengan karakter, pola pikir, bahkan kepentingannya masing-masing. Tapi apapun persoalannya, kesatuan di pemuda itu penting! Kenapa? Karena, kesatuan itulah kekuatan kita!

Basodara yang dikasihi dan diberkati oleh TuhanYesus... Bagian Firman Tuhan yang kita baca tadi merupakan bagian dari surat Rasul Paulus kepada jemaat di Filipi. Jemaat di Filipi ini jemaat yang baik. Kalau basodara baca ayat yang lain dari surat Filipi ini, maka ada banyak pujian yang diberikan Rasul Paulus kepada jemaat (Filipi 1:5, 4:10, 4:14-18). Jemaat di Filipi adalah jemaat yang baik, tapi ada permasalahan yang dihadapi oleh jemaat di Filipi, yaitu masalah PERPECAHAN (Filipi 4:2-3).

Perpecahan adalah masalah yang berbahaya bagi pelayanan jemaat di Filipi, karena itu Rasul Paulus memberikan nasehat kepada jemaat "hendaklah kamu sehati, sepikir, dalam satu kasih, satu jiwa, satu tujuan". Tentunya nasehat ini tidak hanya ditujukan bagi jemaat di Filipi saja, tapi bagi semua jemaat Kristen dimana saja dan kapan saja. Tuhan menghendaki kesatuan, baik kesatuan antara Tuhan dengan jemaat-Nya maupun kesatuan antara jemaat dengan jemaat. Tuhan menghendaki kesatuan sedangkan iblis menginginkan perpecahan.

Karena itu basodara yang dikasihi oleh Tuhan Yesus... Marilah kita bersatu, karena kesatuan adalah kehendak Tuhan, kesatuan adalah kekuatan kita. Mari bersatu! bekerjasama dalam melaksanakan tugas pelayanan yang telah Tuhan percayakan pada masing-masing kita. Kerjasama menuntut kebersamaan/kesatuan, dan kesatuan menuntut keterbukaan, keterbukaan menuntut kepercayaan, saling mempercayai bahwa kita dapat bekerjasama. Saling mengisi bukan menguras, saling berbagi bukan mencari kepentingan diri, saling mengasihi bukan menguasai.

Bekerjasama bukan sama-sama kerja tapi sonde sama-sama, lu kerja-beta ju kerja, masing-masing katong kerja, tapi sonde ada komunikasi dan interaksi, yang satu menangis yang lain ketawa, ini sonde bae! Lebe bae katong bersatu dan saling melengkapi karena katong ni kan punya kelebihan dan kekurangan masing-masing to...

Jangan biarkan masalah kecil bikin rusak katong pung hubungan karena kalau hubungan su rusak tentu yang rugi bukan hanya katong sandiri tapi katong samua, yang malu bukan hanya ketua atau sekretaris sa tapi katong samua yang menjadi bagian dari pemuda Koinonia.

Inga e...! Kalau kita bersatu pasti kita kuat menghadapi masalah dan tantangan dalam pelayanan. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar